TINTA RAMADHAN 1.0 (1 Ramadhan 1439H/17 Mei 2018M)

MERAIH TAQWA & KESUCIAN JIWA DENGAN PUASA RAMADHAN

Alhamdulillah syukur kerana kita telah terpilih oleh Allah untuk memasuki bulan istimewa, Bulan Tarbiyah Ramadhan kali ini yang mana di dalamnya terdapat kursus atau latihan khas selama 30 hari yg tidak terdapat pada bulan-bulan yg lain.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (QS Al-Baqarah:183).

Imam Ibnu Katsir berkata, “Dalam ayat ini Allah Ta’ala berfirman kepada orang-orang yang beriman dan memerintahkan mereka untuk (melaksanakan ibadah) puasa, yang berarti menahan (diri) dari makan, minum dan hubungan suami-istri dengan niat *Ikhlas* karena Allah Ta’ala semata, karena puasa (merupakan sebab untuk mencapai) kebersihan dan kesucian jiwa, serta menghilangkan noda-noda buruk (yang mengotori hati) dan semua tingkah laku yang tercela”.

Para sahabat dan salafus-salih pun sentiasa menyambut bulan Ramadhan dengan bahagia dan persiapan mental dan spiritual. Diriwayatkan bahawa Umar bin Khatthab menyambutnya dengan menyalakan lampu-lampu penerang di masjid-masjid untuk ibadah dan membaca Al-Qur’an. Dan konon, Umar adalah orang pertama yang memberi penerangan di masjid-masjid. Sampai pada zaman Ali bin Abi Thalib. Di malam pertama bulan Ramadhan ia datang ke masjid dan mendapati masjid yang terang itu ia berkata, “Semoga Allah menerangi kuburmu wahai Ibnul Khatthab sebagaimana engkau terangi masjid-masjid Allah dengan Al-Qur’an.”

Justeru, marilah kita bersama-sama memperbaharui niat untuk memperkasakan ibadah wajib kita serta melaksanakan amalan sunnah di bulan ramadhan agar kita keluar dari bulan ini menjadikan kita generasi yg bertaqwa dan lebih baik dari sebelumnya. InshAllah.

Selamat menjalani Ibadah Puasa buat seluruh mahasiswa dan mahasiswi di Malaysia

Siiru Ala Barokatillah.

“ISTIQAMAH BERSAMA ISLAM”

MAJLIS TARBIYAH & KEPIMPINAN NASIONAL GAMIS 2018

Comments

comments

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enjoy this blog? Please spread the world!